Friday, April 17, 2020

WISDOM OF CHINESE / SAMBIL MENUNGGANG KUDA MELIHAT BUNGA

Hai teman - teman semuanya .....hari ini saya akan menulis tentang sebuah cerita dari pepatah china
dengan judul :

                                 SAMBIL MENUNGGANG KUDA MELIHAT BUNGA.
                                                             走马看花Zǒu mǎ kàn huā

Zǒu mǎ kàn huā artinya seseorang yang memperoleh pengetahuan dangkal hanya melalui peninjauan sekilas / informasi yang di peroleh sedikit saja.

Alkisah pada zaman dahulu ada seorang pemuda bernama Gui Liang .karena kakinya pincang, ia mengalami kesulitan dalam mencari istri.Hal ini membuatnya cemas dan khawatir,sehingga ia meminta bantuan temannya bernama Hua Han untuk memperkenalkannya pada seorang gadis.

     Kebetulan Hua Han mengenal seorang gadis yang sangat cantik ,tetapi hidingnya tumbuh kurang sempurna dan sedikit miring ke kanan. Gadis itu bernaman Ye Qing.  'Kalau aku mempertemukan mereka secara berdua secara terang - terangan,aku khawatir tidak akan berhasil,'Kata Hua Han dalam hati. setelah berpikir cukup lama ,akhirnya ia menemukan ide yang sangat unik.
      
      Hua Han peragai menemui Gui Liang dan memintanya menunggang kuda melewati rumah Ye
Qing.Dengan begitu ia bisa melihat gadis itu.Di pihak lain, Hua Han diam - diam meminta Ye Qing berdiri didepan rumah sambil memegang dan mencium sekuntum bunga mawar ketika Gui Liang melewati rumahnya.

      Pada hari yang telah ditentukan, Gui Liang melewati rumah Ye Qing dengan menunggang kuda. Ye Qing sekilas melihat Gui Liang begitu tampan dan gagah saat menungaang kuda.Seketika itu juga Ye Qing jatuh hati dan bersedia menikah dengan Gui Liang.Begitu juga dengan Gui Liang saat melihat Ye QING yang matanya, Ye Qing tampak begitu cantik dan anggun. Dan seperti halnya Ye Qing,Gui Liang pun langsung jatuh hati.

       Kesan pertama yang begitu indah membuat mereka segera memberi tahu Hua Han tentang kesediaan mereka untuk menjadi suami istri.Tak lama kemudian mereka pun menikah.

       Pada malam pengantin, saat tamu-tamu sudah pulang,Gui Liang segera masuk ke kamar. Dengan tak sabar ia membuka cadar istrinya. Namun apa yang dilihatnya sangat mengejutkan.Ternyata hidung istrinya miring ke kanan. Tak berbeda dengan Ye Qing ;Saat cadarnya dibuka, ia terkejut sekali melihat kaki Gui Liang yang ternyata pincang.Namun apa yang hendak disesali,nasi telah menjadi bubur,Semuanya telah terlanjur.Pernikahan mereka tidak mungkin di batalkan.

        Memutuskan atau melakukan sesuatu hanya berdasarkan informasi sekilas,tanpa melakukan evaluasi dan pengecekan,dapat menyebabkan anda salah ambil keputusan, yang pada akhirnya dapat berakibat sangat fatal.

  *Pada zaman dulu pengantin wanita memakai cadar yang menutupi kepala dan wajahnya.Seorang suami baru boleh membukanya pada malam pengantin. karena pernikahan pada zaman dulu umumnya diatur dan di jodohkan oleh orang tua, tidak mengherankan bila seorang suami belum pernah melihat istrinya sampai tiba malam pengantin.


semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan begitu juga saya ......
salam dari saya Austin Blogger,sampai ketemu di artikel berikutnya..........
     

 

No comments:

Post a Comment

AUSTINE BLOGGER